Belajar SEO

Memulai dengan Blogspot
Sepertinya saya harus kembali berbagi pengalaman dengan kawan-kawan pemula seperjuangan saya. Dalam postingan kali ini saya akan membahas bagaimana cara saya membangun sebuah blog hingga dalam waktu 2 minggu ada di urutan teratas pada search engine, mendapatkan unique visitors dalam jumlah banyak perharinya atau hal ini lebih dikenal dengan trik SEO ( Search Engine Optimation).
Trik SEO
Jika sobat-sobat bertanya “Bagaimana trik SEO itu ?”
Justru itulah yang akan saya bahas dalam postingan saya hari ini, tapi saya akan menceritakan pengalaman saya, karena tampang saya ini bukanlah tampang para web master, yang tinggal membuka Laptonya saja langsung mendapatkan berdolar-dolar penghasilan. Saya hanyalah pengangguran Berangkat dari sebuah pepatah “untuk apa kita jatuh, kalau bukan untuk bangkit setelahnya…” kata kata yang benar-benar menggugah semangat dan spirit saya untuk eksis kembali di dunia maya.
Setelah mendengar kata pepatah di atas, kemudian saya bergegas membuka sebuah notebook kecil, yang biasa saya gunakan untuk chating, facebook, twitter, dll. yang mungkin kurang berguna jauh hari sebelum saya memahami arti kata SEO.
Pada saat itu saya memulai dengan membangun sebuah blog pada blogspot, satu website yang bermodalkan artikel-artikel murahan yang tidak mungkin terindeks oleh search engine. Masa itu berlalu sekitar 3 bulan tanpa ada guru dan ilmu, akhirnya tuhan memberikan saya petunjuk lewat seorang web master yang mengajari saya bagaimana memaksimalkan blog itu sehingga dapat menghasilkan sejumlah uang dengan hanya bermodal ketikan jari dan kombinasi angka.
Langkah-langkah belajar SEO
Pertama, pada user yang sama beliau menyuruh saya untuk membuat sebuah blog baru. Beliau berkata seperti ini ” Usahakan Isi Websitenya yang lagi nge-tren di search engine ” mendengar kata “isi yang lagi nge-tren” saya bingung setengah mati, bagaimana cara mengetahui tema yang lagi nge-tren saat ini. Akhirnya saya pun bertanya pada beliau. Ternyata situs penyedia jasa seperti itu adalah Google Insight, dan disana saya coba untuk mengetahui tema apa yang sedang tenar saat ini.
Kedua, setelah saya mengetahui tema yang lagi TOP saat itu di wilayah Negara Indinesia langsung saja saya membangun sebuah website dengan url dan judul website yang berkaitan dengan isinya.
Ketiga, kemudian mulailah saya memposting blog tersebut. Beliau menyarankan untuk memberikan gambar pada tiap postingan saya, sehingga selain menyediakan artikel, saya juga menyediakan gambar yang berhubungan dengan artikel tersebut.
Keempat, dalam postingan itu judul tidak boleh terlalu panjang kata beliau dan memberikan link pada sub judul setelah pembuka, yang mana link itu menyambung ke permalink dari artikel yang akan saya posting, beliau juga menyisipkan link yang menghubungkan ke domain utama dan postingan lain pada penutup postingan.
Kelima, saya diperintahkan untuk mengisi Tag yang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu panjang sehingga mudah dibaca oleh search engine.
Itulah langkah-langkah SEO yang cukup rumit menurut saya.

dan untuk langkah selanjutnya, saya dilarang untuk mempublikasikannya, karena kata beliau “Ilmu itu mahal dan butuh pengorbanan untuk mendapatkannya”, kalau sudah seperti itu saya bisa bilang apa lagi karena saya adalah seorang murid yang patuh terhadap perintah guru. Demikianlah pengalaman saya belajar SEO, jika isi artikel ini tidak sesuai dengan yang anda harapkan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, seperti yang saya katakan di awal artikel ini kalau trik ini saya sesuaikan dengan penglaman saya ketika belajar SEO dengan seorang Web Master dan saat inipun saya masih mencoba menjejali trik2 itu kepada beliau.
Terimakasih sobat-sobat pendengar setia pengalaman saya ini.,,

One response to this post.

  1. […] dalam search engine. Layanan Social Bookmarks ini bisa dikatakan salah satu dari sekian ribu trik SEO ( Search Engine Optimation). Daftar Nama 20 TOP Social […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

